JELAJAH PANTAI SADENG





Penjelajahan pesisir pantai Gunungkidul telah sampai ke Pantai Sadeng yang letaknya tidak jauh dari rumah saya yaitu di daerah kecamatan Girisubo. Pantai Sadeng adalah pantai pelabuhan penangkapan ikan terbesar diwilayah Jogjakarta yang lokasinya di sebelah ujung timur tenggara kota kabupaten Gunungkidul atau sekitar 40km dari kota Wonosari.
Bisa diakses melalui jalur Tepus-Girisubo atau bisa juga melalui jalur Tanjung Sari - Pantai Baron, lalu terus menuju ke timur, jika ingin menyusuri pantai-pantai lainnya juga yang dapat ditemui disepanjang perjalanan. Jalur lain untuk menuju Pantai Sadeng adalah melalui Wonosari – Ponjong – Rongkop, lalu menuju ke selatan ke arah Girisubo.

Perjalanan menuju Pantai Sadeng dengan jalur perbukitan Kapur, jalan yang naik turun serta belokan tajam akan disuguhi dengan keindahan bukit yang tampak menghijau dihiasi pohon dan tumbuhan di musim hujan, akan tetapi akan berubah menjadi kering gersang ketika musim kemarau datang.

Pantai Sadeng merupakan sebuah pantai berbentuk teluk menyerupai muara dari Sungai Bengawan Solo Purba. Tumbukan dengan lempeng Australia serta berbagai fenomena geologis lain yang terjadi jutaan tahu lalu, mengakibatkan pengangkatan daerah karang dipesisir pulau Jawa menjadi perbukitan, sehingga mengubah arah arus aliran Bengawan Solo menjadi ke arah utara.  Kini sisa alur sungai purba tersebut masih terlihat jelas di jalur menuju pantai Sadeng. Lembah cekungan tanah bekas sungai purba tersebut menjadi areal perladangan yang subur dan muara sungainya menjadi tempat yang pas bagi para nelayan melabuhkan perahu-perahu mereka. Teluk di Pantai Sadeng tidak banyak terdapat karang-karang dangkal sehingga memudahkan perahu-parahu melintas dengan aman. Jika di Pantai Ngrenehan, Baron atau Siung hanya bisa diakses oleh perahu-perahu kecil, pelabuhan Pantai Sadeng memungkinkan perahu ukuran sedang dan ukuran besar untuk dapat merapat di dermaganya. Sejak dirintis pada era tahun 80an, pelabuhan perikanan Pantai Sadeng terus mengalami pembenahan dalam berbagai fasilitasnya. Pelabuhan perikanan Pantai Sadeng dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dermaga yang dilapis beton, koperasi perikanan, anjungan pengisian bahan bakar, penjagaan polisi laut, pabrik es batu untuk membekukan ikan dan warung-warung makan dengan masakan khas hasil laut untuk para wisatawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH GUNUNG API PURBA "LANGGERAN"

PETILASAN GUNUNG "GAMBAR NGAWEN" GUNUNGKIDUL

MINIATUR BERAGAM TANAMAN HUTAN WANAGAMA